Screen Reader Bagi Teman Netra

Sampai saat ini, pandemi COVID-19 masih belum kunjung berakhir. Hal ini mengakibatkan berbagai aktivitas harus beralih ke dunia maya (online), dari sekolah, pekerjaan, sampai berbagai event. Karena itu, gadget menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan kita, tidak terkecuali bagi teman-teman difabel netra.

Banyak orang yang bertanya-tanya, bagaimana cara teman-teman difabel netra menggunakan gadget? Salah satu cara yang banyak digunakan adalah dengan menggunakan aplikasi pembaca layar (screen reader). Screen reader adalah software yang dapat “membacakan” teks pada layar dengan output berupa suara. Dengan screen reader, teman-teman difabel netra akan lebih mudah dalam mengoperasikan komputer dan gadget-gadget lainnya.

Ada banyak aplikasi screen reader yang tersedia untuk berbagai sistem operasi (operating system). Beberapa diantaranya seperti JAWS/Job Access With Speech dan NVDA/Non Visual Desktop Access (untuk Windows), VoiceOver (untuk iOS), serta TalkBack (untuk Android).

Namun demikian, aplikasi-aplikasi screen reader tersebut masih jauh dari sempurna. Salah satu “kekurangan”dari screen reader adalah tidak dapat mendeskripsikan gambar secara langsung. Memang, saat ini sudah ada aplikasi atau situs yang menyediakan fitur image description. Namun, fitur tersebut masih terbatas dan deskripsi yang diberikan belum detail. Harapannya, screen reader yang sudah ada dapat lebih berkembang sehingga dapat lebih memudahkan teman-teman difabel netra dalam beraktivitas menggunakan gadget.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top