Musisi Difabel

Banyak dari kita yang pasti senang mendengarkan musik. Bahkan mungkin beberapa dari kita juga suka memainkan alat musik. Keberadaan musik dapat memberi banyak manfaat bagi kita, seperti sebagai stress reliever, meluapkan emosi, atau wadah untuk mengekspresikan diri.

Ada banyak musisi di dunia yang ternyata adalah seorang difabel. Beberapa di antaranya pasti sudah familiar di telinga kita semua. Berikut ini adalah 4 diantara sekian banyak musisi difabel yang ada di dunia.

  1. Ludwig van Beethoven

Siapa yang tidak tahu Beethoven? Komposer asal Jerman ini telah menghasilkan banyak lagu klasik yang tentunya familiar di telinga kita, seperti Für Elise dan Symphony No. 9. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Beethoven adalah seorang difabel tuli sejak berusia 44 tahun. Namun, Beethoven masih dapat mendengarkan musik dengan cara merasakan getaran pianonya menggunakan bagian tubuhnya yang lain.

  1. Stevie Wonder

Stevie Wonder adalah musisi multi-talenta yang berasal dari Amerika. Wonder telah menjadi difabel netra semenjak kelahirannya akibat terkena “retinopathy of prematurity” (ROP), sebuah gangguan pada bayi di mana retina mata gagal berkembang sehingga menyebabkan kebutaan. Meskipun begitu, Wonder tetap menekuni dunia musik sehingga sekarang dia menjadi salah satu musisi terbaik di dunia yang telah menghasilkan banyak lagu, seperti Overjoyed dan Superstition.

  1. Rick Allen

Rick Allen adalah drummer dari band rock asal Inggris yang bernama Def Leppard. Pada tahun 1984, Allen mengalami kecelakaan yang mengakibatkan tangan kirinya harus diamputasi. Dengan dukungan dari teman-teman bandnya, Allen memutuskan untuk meneruskan karirnya bersama Def Leppard dengan drum khusus yang dapat memfasililitasi kondisinya.

  1. Putri Ariani

Indonesia ternyata juga memiliki penyanyi yang merupakan seorang difabel netra yang bernama Putri Ariani. Putri telah menjadi difabel netra sejak lahir karena dia dilahirkan prematur dan terjadi gangguan pada matanya. Namun, hal tersebut tidak menghalangi Putri untuk menekuni dunia yang disenanginya, yaitu dunia tarik suara. Berbagai prestasi telah ditorehkan oleh Putri, seperti menjadi pemenang Indonesia’s Got Tallent pada 2014 dan menjadi salah satu penyanyi theme song dari Asian Para Games 2018.

Demikian beberapa musisi dunia yang ternyata adalah seorang difabel. Harapannya, teman-teman difabel dapat terus bersemangat dalam menekuni hobi yang disenanginya, serta agar masyarakat dapat lebih terbuka dan terus mendukung teman-teman difabel dalam menekuni hobinya tersebut.

 

Sumber: wikipedia, mentalfloss.com, IDN Times
https://www.mentalfloss.com/article/30412/11-musicians-who-overcame-disabilitieshttps://www.classicfm.com/composers/beethoven/guides/deaf-hearing-loss-composing/#:~:text=Yes.,he%20could%20hear%20more%20clearly.https://en.wikipedia.org/wiki/Stevie_Wonderhttps://www.idntimes.com/life/women/muhammad-tarmizi-murdianto/kisah-putri-ariani-mengubah-keterbatasan-jadi-bakat-untuk-raih-impian/4

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top